Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan

Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan - Hallo sahabat cara menulis artikel , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan
link : Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan

Baca juga


Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan



MANAJEMEN RANTAI PASOKAN (EKMA4371)
TUTOR; IBU Yesi Wisatina, S.H., M.H.


logo ut



Disusun oleh:
Vera Okta viana Dewi
030149086





PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA TAIWAN
TAHUN AKADEMIK
2019.2




TUGAS TUTORIAL  KE-2
PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Nama Mata Kuliah
:
Manajemen Rantai Pasokan
Kode Mata Kuliah
:
EKMA4371
Jumlah sks
:
3 sks
Nama Pengembang
:
Ida Ayu Made Er Meytha Gayatri, M.M
Nama Penelaah
:
Andy Mulyana, M.M
Status Pengembangan
:
Baru
Tahun Pengembangan
:
2019.2
Edisi Ke-
:
1

No
Tugas Tutorial
Skor Maksimal
Sumber Tugas Tutorial
1
Permintaan produk Z dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2018 adalah sebagai berikut (dalam unit). Hitunglah peramalan pada tahun 2019 menggunakan proyeksi tren garis lurus!
Permintaan
2012
80
2013
82
2014
85
2015
92
2016
110
2017
150
2018
155
35
Modul 3. KB.2

2
15
Modul 4 KB 1
3
Sebuah perusahaan sepatu memerlukan bahan baku dengan kebutuhan /permintaan per tahun sebesar 3000 unit. Biaya pemesanan adalah Rp. 900.000,00 setiap kali pemesanan dan biaya penyimpanan per unit adalah Rp. 6.000,00
b.    Hitunglah biaya tahunan total!

35
Modul 4 KB 2
4.
15
Modul 3 KB 1
Tahun
Periode waktu (x)
Permintaan (Y)
xy
2012
1
80
1
80
2013
2
82
4
164
2014
3
85
9
255
2015
4
92
16
368
2016
5
110
25
550
2017
6
150
36
900
2018
7
155
49
1085

28
3402
1.     Hitunglah peramalan pada tahun 2019 menggunakan proyeksi tren garis lurus
                                                                b =
                                                                a =
dengan demikian, persamaan linearnya adalah Y = 52,55 + 13,79x
Untuk memperkirakan permintaan pada tahun 2019, maka kita nilai tahun 2019 sebagai x=8 : sehingga permintaan tahun 2019 adalah ;
Permintaan tahun 2019 = 52,55 + 13,79 (8)
                                                = 162,87 atau 163

2. pegertian persediaan dan fungsi penting yang terkandung dalam persediaan!
Persediaan adalah stok barang-barang oleh organisasi untuk memenuhi permintaan pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal
Fungsi penting yang terkandung dalam persediaan:
1.       Menghilangkan resiko keterlambatan pengiriman bahan baku atau barang yang dibutuhkan perusahaan
2.       Menghilangkan resiko jika material yang dipesan tidak baik sehingga harus dikembalikan
3.       Menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
4.       Untuk menyimpan bahan baku yang dihasilkan secara musiman sehingga perusahaan tidak akan kesulitan jika bahan itu tidak tersedia dipasarkan
5.       Mendapatkan keuntungan dari pembeli berdasarkan potongan kuantitas (quantity discounts)
6.       Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan tersedianya barang yang diperlukan

3. a. Hitunglah jumlah pembelian optimal setiap kali pemesanan!
b.     Hitunglah biaya tahunan total!

Diket : D =3000
                S = 900000
                H = 6000
Ditanya: jumlah pembelian optimal setiap kali pemesanan
a.      
=   =   = 948,683
Dengan demikian, perusahaan mengetahui jumlah yang paling optimal untuk dipesan pada setiap kali pesanan adalah sebanyak 949 unit.
b.     TC =  +
TC =  (6000)
TC = 3,16 (900000) + 474,5 (6000)
TC = 2844000 + 2847000
TC = 5691000

4. Empat teknik peramalan kualitatif
1)      Jury of executive opinion
Metode ini merupakan metode peramalan dengan mempertimbangkan opini-opini dari para manajer atau tenaga ahli, yang dikombinasikan dengan metode statistik, kemudian dikumpulkan dalam satu kelompok untuk menentukan perkiraan permintaan di masa yang akan datang.
2)      Metode delphi
Metode delphi nerupakan teknik terstruktur untuk mendapatkan kesepakatan dengan ahli serta menghindari adanya dominasi satu individu terhadap keputusan yang diambil.
3)      Sales force composite
Pendekatan ini setiap tenaga penjualan memperkirakan berapa kira-kira penjualan di daerahnya masing-masing.
4)      Consumer market survey
Metode ini mengumpulkan input dari para konsumen atau konsumen potensial mengenai rencana pembelian ke depan.



Demikianlah Artikel Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan

Sekianlah artikel Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tugas 2 Manajemen Rantai Pasokan dengan alamat link https://caramenulisartikel32.blogspot.com/2019/11/tugas-2-manajemen-rantai-pasokan.html

Komentar